Pelatihan Geospasial/GIS

Bimtek Program Geographyc Information System (GIS) Perikanan dan Kelautan

BIMTEK-PROGRAM-GIS-GEOGRAPHIC-INFORMATION-SYSTEM-PERIKANAN-KELAUTAN

BIMTEK PROGRAM GIS (GEOGRAPHIC INFORMATION SYSTEM) PERIKANAN & KELAUTAN

Geographic Information System (GIS) disebut juga sebagai Sistem Informasi Geografis (SIG). Secara umum, GIS merupakan suatu sistem yang terdiri komponen-komponen yang bekerja bersama secara efektif. Dari memasukan, menyimpan, memperbaiki, memperbaharui, mengelola, memanipulasi, mengintegrasikan, menganalisa dan menampilkan data dalam suatu informasi berbasis geografis. Menurut Dr. I Putu Santikayasa, Pakar GIS, yang membedakan antara GIS dengan sistem informasi lainnya terletak pada penggunaan datanya. GIS menggunakan data yang berbasis spasial yaitu sebuah data yang berorientasi geografi, memiliki sistem koordinat tertentu sebagai dasar referensinya. Data spasial untuk GIS dapat diperoleh melalui peta analog, data sistem penginderaan jauh, data hasil pengukuran lapang, dan data GPS.

Indonesia adalah negara kepulauan yang memiliki kekayaan laut melimpah. Sungguh sangat disayangkan apabila sumber daya tersebut tidak dapat dimanfaatkan hanya karena tidak adanya ketersediaan informasi mengenai sumber daya tersebut, terutama sumber daya ikan laut. Sistem informasi geografis perikanan Indonesia dapat memberikan informasi yang membantu pihak kelautan dan perikanan. Contohnya mengenai daerah penyebaran ikan dan lokasi penangkapan ikan di sepanjang wilayah perairan Indonesia.

Tujuan dilakukannya aplikasi SIG dalam bidang kelautan dan perikanan di antaranya mengetahui ikan di laut berada dan kapan bisa ditangkap, mengawasi spesies atau lokasi perikanan tertentu, meminimalisir usaha penangkapan dengan mencari daerah habitat ikan, mengetahui area dimana ikan bisa tertangkap dalam jumlah yang besar serta mengetahui faktor-faktor lingkungan laut yang mempengaruhi distribusi, migrasi dan kelimpahan ikan agar dapat diperoleh secara berkala, cepat dan dengan cakupan area yang luas




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *